Senin, 08 Maret 2010

Krisnamurti tentang Tuhan

Tanya: Menurut Krishnamurti, adakah Tuhan?
salam hormat pak hudoyo,
>
> lewat internet saya banyak mengetahui kalo pak hudoyo sering membahas
pemikiran-pemikiran J. Krishnamurti. Jujur aja pak sampai saat ini saya
masih belum jelas mengenai pendirian J. Krishnamurti tentang ke-Tuhanan.
singkat saja ya pak. saya ingin mengajukan beberapa pertnyaan antara
lain :
> 1. apakah J. Krishnamurti tidak mempunyai suatu sistem kepercayaan
tertentu atau menganut agama tertentu ?
> 2. Bagaimana pemikiran J. Krishnamurti tentang Ke-Tuhanan ? saya sdah
membaca artikelnya tapi malah bingung sendiri.
> o ya pak hudoyo mungkin bisa menolong memberi saya artikel tentang "100
pertanyaan yang mustahil" dari J. Krishnamurti. kalo mungkin ada dan pak
hudoyo bersedia.
> terima kasih sebelumnya. saya tnggu jawabannya.
>
> wahyudi, di solo.
Salam, Mas Wahyudi,

Ini Mas Wahyudi yang pernah ikut retret MMD di Solo? Kalau tidak salah
Anda tinggal di Yogya, bukan?

Berikut jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda:

(1) K tidak mengajarkan sistem kepercayaan/agama apa pun. Mengapa? Karena
yang namanya kepercayaan/agama selalu merupakan produk dari pikiran
(berpikir).
Alihalih ia mengajarkan agar orang mengamati/menyadari gerak-gerik
pikirannya sendiri. Karena pikiran--yang menciptakan kesadaran-aku--itulah
sumber konflik & penderitaan baginya.
Berhentinya pikiran/aku itulah lenyapnya penderitaan.

(2) Kalau Anda bisa menangkap intisari jawaban saya #1, maka Anda bisa
menjawab sendiri pertanyaan Anda #2.
Kalau pikiran berhenti, masih adakah "Tuhan"? Cobalah praktikkan sendiri,
amati pikiran Anda sendiri.

Selanjutnya, bila Anda ingin membaca-baca lebih lanjut tentang ajaran K,
silakan masuk ke Forum Diskusi MMD, http://meditasi-mengenal-diri.ning.com

Bila Anda sudah memahami hakikat yang terkandung dalam jawaban saya #1 dan
#2, maka dengan perenungan sedikit tentu Anda akan memahami pernyataannya
yang terkenal tentang Tuhan:

"Tuhan ada bila aku tidak ada; bila aku ada, Tuhan tidak ada."

PS: Tidak ada buku yang berjudul "100 pertanyaan yang mustahil" dari J.
Krishnamurti. Yang ada BUKU "Pertanyaan yang Mustahil" (The Impossible
Question). Buku itu bisa Anda pesan dari Yayasan Krishnamurti Indonesia.
Alamatnya saya lupa, tapi bisa dicari di internet.

Salam,
Hudoyo

3 komentar:

  1. Yth Pak Hongno...saya pernah baca buku kingdom of happiness nya Krishnamurti..sy kehilangan buku tersebut..mnrt sangat inspiratif..saya kwhilangan buku tsb..bgmn mndapatkannya kembali ? Tks. Azis

    BalasHapus
  2. Ajaran jiddu krisna murti..bila di jalani hidup jadi tentram dan hening .karena ocehan pikiran lah
    Yang menyebabkan hidup di landa konplik. Untuk itu sadar sepenuhnya tanpa perbandingan pikiran mutlak harus di jalani.

    Janganlah kita terbuai dengan kelicinan dan penipuan pikiran
    Sedikit saja kita mengoceh dengan
    Pikiran maka konplik akan mengisi
    Kehidupan

    Marilah kita jalani hidup tentram
    Tanpa ocehan pikiran.....
    Karena pikiran adalah barang rongsokan hasil pengalaman yang telah lalu

    BalasHapus
  3. Melihat mendengar adalah bertindak. Tn

    BalasHapus